ARTIKEL

Autosehat, Ini Manfaat kalau Rajin Olahraga Setiap Hari

Baca 2 menit
Manfaat Olahraga
Ingin Turunkan Risiko Stroke? Lakukan 5 Aktivitas Ini!
Melakukan olahraga secara rutin membantu menjaga kesehatan otak serta mendapatkan tubuh ideal, juga menurunkan risiko terkena penyakit kronis.
 
 
Aktivitas olahraga bisa diartikan sebagai kegiatan yang membuat otot kita bekerja dan tubuh membakar kalori. Tidak perlu dilakukan terlalu lama, kita hanya perlu melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari untuk mendapatkan manfaatnya. Cari tahu manfaat olahraga yang bisa didapatkan oleh tubuh di bawah ini.

1. Menjaga kesehatan otak

Dampak langsung yang bisa kita dapatkan dari melakukan aktivitas fisik adalah peningkatan fungsi otak. Dikutip dari Healthline, olahraga akan membuat aliran darah ke otak lebih lancar sehingga merangsang produksi hormon untuk pertumbuhan sel otak.
 
Olahraga juga sudah terbukti memengaruhi daya ingat dan fungsi mental pada orang dewasa. Selain itu, kita terhindar dari risiko gangguan otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

2. Menjaga berat badan ideal

Banyak orang percaya bahwa olahraga merupakan salah satu cara untuk memiliki tubuh ideal. Pasalnya, aktivitas fisik akan membakar kalori dan simpanan lemak dalam tubuh. Kalori yang terbakar pun akan lebih banyak saat kita melakukan olahraga secara rutin.
 
Olahraga yang dilakukan tidak hanya pergi ke gym, kok. Cobalah lebih aktif untuk mengajak tubuh terus bergerak. Sebut saja dengan memperbanyak jalan kaki dan menggunakan tangga, alih-alih memilih lift atau eskalator.

3. Menjaga kesehatan tulang dan otot

Otot tubuh akan berkurang bahkan menghilang kalau kita tidak sering menggunakannya. Hal ini mungkin terjadi saat kita tidak terlalu aktif bergerak. Studi yang dipublikasikan dari NCBI menyebutkan, aktivitas mengangkat beban bisa membantu melepaskan hormon untuk otot. Hormon ini akan membantu otot kita untuk menyerap asam amino lebih baik sehingga bisa menurunkan risiko kerusakan.

4. Meningkatkan mood

Melakukan aktivitas fisik khususnya olahraga terbukti mampu meningkatkan mood, membuat tubuh lebih relaks, dan menurunkan kecemasan. Olahraga juga bisa membantu kita untuk menurunkan level stres yang didapatkan dari aktivitas harian. Cobalah untuk datang ke gym, jogging setelah bekerja, atau melakukan yoga di rumah sebelum tidur. Langkah ini bisa membantu kita untuk tidur lebih nyenyak, lho.

5. Meredakan rasa sakit

Banyak orang percaya bahwa rasa sakit bisa disembuhkan dengan istirahat yang cukup. Namun, sebuah studi dari NCBI menyebutkan bahwa aktivitas fisik menjadi cara untuk meredakan penyakit. Malahan, olahraga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup seseorang.
 
Kalau dirasa ada bagian tubuh yang terasa nyeri, cobalah untuk melakukan peregangan. Bisa jadi ada gangguan pada otot yang yang ditimbulkan dari tubuh yang kurang bergerak. Lakukan gerakan yang berfokus pada bagian tubuh tersebut untuk bisa mengendalikan rasa sakitnya.

6. Baik untuk kesehatan kulit

Polusi dan radikal bebas bisa berdampak buruk pada kulit. Sebenarnya tubuh bisa melakukan penyembuhan sendiri untuk masalah gangguan ini. Sayangnya, stres oksidatif yang terjadi membuat penyembuhan dari kerusakan kulit jadi terhambat.
 
Olahraga rutin bisa membantu meningkatkan produksi antioksidan alami dalam tubuh. Senyawa ini akan melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

7. Menurunkan risiko penyakit kronis

Manfaat utama dari olahraga adalah menjaga diri dari penyakit kronis. Melakukan olahraga rutin akan meningkatkan produksi insulin, menjaga ritme jantung, serta komposisi tubuh yang ideal.
 
Semua itu akan menurunkan risiko penyakit mematikan. Sebut saja penyakit jantung, diabetes tipe 2, berbagai tipe kanker, kolesterol tinggi, hingga hipertensi.
 
Itu dia manfaat olahraga yang bisa didapatkan kalau kita melakukannya dengan rutin. Yuk, mulai atur pola hidup yang lebih sehat dari sekarang. Dengan bergabung bersama AIA Vitality, kita bisa semakin bersemangat untuk beraktivitas fisik karena banyak tantangan yang dilakukan dan reward yang bisa didapatkan!
 
 
 
Referensi:
Healthline. The Top 10 Benefits of Regular Exercise. [Diakses pada 14 September 2023]
Centers for Disease Control and Prevention. Benefits of Physical Activity. [Diakses pada 14 September 2023]
Mayo Clinic. 7 benefits of regular physical activity. [Diakses pada 14 September 2023]

Anda mungkin juga tertarik dengan