ARTIKEL

Masih Single Gak Butuh Asuransi, Benarkah?

 Baca 2 menit
Financial Wellness Asuransi Single Life
Good morning exercise
Masih banyak yang beranggapan saat masih single atau belum berkeluarga gak terlalu penting memikirkan asuransi. Padahal risiko penyakit dan kecelakaan bisa muncul kapan saja tanpa memandang usia dan status kita. Untuk itu kita perlu mempertimbangkan untuk memiliki proteksi yang sesuai kebutuhan diri sendiri. Manfaat memiliki asuransi untuk single, yaitu melindungi dari kerugian finansial, pertimbangan lebih mudah, dan kesempatan premi lebih rendah. Selain ke pasangan atau anak, uang pertanggungan bagi yang masih single juga bisa diberikan kepada anggota keluarga lain.
 
Masih single tanpa tanggungan, tanpa stress, tanpa patah hati, dan sedang asyik-asyiknya meniti karier, pasti tentram sekali ya kan? Ketika menikmati single life, banyak yang beranggapan belum waktunya memiliki asuransi. Alasannya karena saat melajang kita masih belum berkeluarga dan belum memiliki tanggungan. Padahal sama halnya seperti yang sudah berkeluarga, untuk para single pun sebenarnya tetap membutuhkan proteksi. Proteksi untuk melindungi diri dari risiko penyakit dan kecelakaan yang bisa muncul kapan saja, tanpa memandang usia dan status kita.
 
Untuk mengetahui seberapa pentingnya asuransi, yuk simak manfaat memiliki asuransi saat masih single berikut ini:

Melindungi dari kerugian finansial

Gaji yang pas-pasan sering kali menjadi penyebab para single menunda-nunda untuk memiliki asuransi. Jadinya, ketika ada kejadian yang tak terduga kita terpaksa menggunakan tabungan atau dana darurat. Contohnya, lagi asik kulineran malah keracunan makanan dan sampai harus dirawat di rumah sakit. Di saat kejadian tak terduga seperti ini, tanpa adanya asuransi mau gak mau tabungan kita jadi terpakai. Akhirnya dikarenakan jumlah biaya yang gak sedikit, malah bikin perencanaan keuangan kita jadi terganggu.
 
Sebenarnya asalkan bisa disiplin dan memilih asuransi yang tepat sesuai dengan kondisi finansial kita saat ini, kita pasti bisa menyisihkan premi asuransi atau biaya yang dikeluarkan setiap bulannya. Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh perencana keuangan sekaligus founder dari OneShildt, M. Andoko. Seperti yang dikutip dari bisnis.com, ia menyebutkan kalau penghasilan pas-pasan seharusnya bukan jadi alasan kita menunda memiliki asuransi. 

Lebih mudah dilakukan

Berbeda dengan yang sudah berumah tangga, memiliki asuransi saat masih lajang cenderung pertimbangannya tidak terlalu banyak. Jika kita sudah berumah tangga, kita perlu mempertimbangkan proteksi yang sesuai dengan kebutuhan semua anggota keluarga. Sementara itu, untuk yang single hanya perlu menyesuaikan proteksi yang tepat untuk kebutuhan diri kita sendiri dan kondisi finansial. Kita perlu menyesuaikan budget yang akan dikeluarkan setiap bulannya untuk asuransi yang dirasa tepat untuk kita. Meski mudah dilakukan, pastikan untuk pelajari secara saksama perusahaan serta produk asuransi yang menarik perhatian kita tersebut, dan cari tahu proses klaimnya.  

Kesempatan premi lebih rendah

Benefit lain dari memiliki asuransi dari selagi masih single adalah kesempatan kita mendapatkan premi yang lebih rendah. Nah, premi asuransi umumnya didasarkan oleh faktor usia dan juga kesehatan. Semakin muda dan prima kita memutuskan untuk memiliki asuransi, besar kesempatan kita untuk mendapatkan premi yang lebih rendah selama masa polis kita. Jika kita menunggu sampai mengalami risiko, bukan tidak mungkin malah akan sulit untuk mendapatkan perlindungan asuransi. Selain itu, dari segi premi pun tidak menutup kemungkinan akan lebih meningkat. Oleh karena itu, manfaatkan premi yang lebih rendah sejak dini selagi kita single sehingga kita pun bisa lebih tenang karena sudah terproteksi. Setelah kita membeli asuransi, terlepas adanya risiko kesehatan yang muncul, premi yang dibayarkan cenderung tidak akan berubah.
 
Melihat manfaat memiliki asuransi meski masih single yang sudah dijelaskan di atas, sangat sayang kan untuk tidak memiliki proteksi secepat mungkin? Sama halnya dengan yang sudah berkeluarga, asuransi juga penting untuk yang masih single supaya tetap happy dan safety
Referensi:
Bisnis. Gaji Pas-Pasan, Jangan Takut Beli Asuransi. [Diakses pada 27 Februari 2024].
Life Happens. Why Single People Need Life Insurance. [Diakses pada 27 Februari 2024].
Moneygeek. Buying Life Insurance as a Single Person. [Diakses pada 27 Februari 2024].

Anda mungkin juga tertarik dengan