Diet Plant Based Food: Jurus Enak Untuk Makan Sehat

Berbeda dengan vegetarian, diet plant based yang nggak kalah sehat ini memperbolehkan kamu untuk tetap makan ayam goreng. Kok bisa?

hasPublication
false
Article Thumbnail Image
/content/dam/id/images/01-t-Plant-Based.jpg
Article Image
/content/dam/id/images/01-Diet-Plant-Based.jpg
Title
Diet Plant Based Food: Jurus Enak Untuk Makan Sehat
Description

Berbeda dengan vegetarian, diet plant based yang nggak kalah sehat ini memperbolehkan kamu untuk tetap makan ayam goreng. Kok bisa?

Sebelum kita bahas tentang diet plant based, yuk kita bahas ayam goreng! Ya, ayam goreng, siapa sih yang nggak suka. Mulai dari ungkep bumbu kuning hingga goreng crispy, menu ini adalah salah satu andalan kita. Proses penyajian yang relatif mudah, harga yang terjangkau dan rasa yang enak, menjadi beberapa alasan mengapa ayam goreng disukai oleh banyak orang. Cek saja berbagai penawaran menarik di halaman utama aplikasi pesan antar seperti GoFood, pasti banyak merchant yang menawarkan menu makanan ayam goreng.

Ya, ayam goreng memang enak. Tapi kali ini kita akan membahas sebuah tren makanan yang banyak diadopsi anak muda belakangan ini, yang nggak kalah enaknya dengan ayam goreng dan dapat membuat hidup kamu lebih sehat.

 

Tren diet plant based sehat

Kebiasaan berolahraga, berjemur, minum vitamin hingga konsumsi makanan bergizi mungkin menjadi sebuah blessing in disguise selama masa pandemi. Tidak dapat dipungkiri, gaya hidup sehat menjadi sebuah tren yang sepertinya akan terus bertahan untuk sementara waktu. Paling tidak selama Covid-19 masih berkeliaran bebas di sekitar kita.

Alasan utama mengadopsi gaya hidup sehat tentu adalah untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap serangan virus. Nah, salah satu caranya adalah dengan menerapkan diet plant based food, sebuah pola makan alternatif yang dapat secara praktis kita konsumsi sehari-hari untuk menjaga tubuh tetap sehat.

Secara harfiah, diet plant based food dapat diartikan sebagai makanan yang berasal dari tumbuhan. Namun kamu jangan dulu khawatir, karena pola makan ini bukan berarti kamu hanya boleh mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saja lho.

Mengutip kontributor Health Blog Harvard Medical School, Katherine D. McManus, MS, RD, LDN pada artikelnya yang berjudul “What is a plant-based diet and why should you try it?”, plant based food (external link) diartikan sebagai pola makan yang berfokus pada bahan makanan dari tumbuh-tumbuhan.

Tidak hanya buah dan sayuran, namun juga termasuk berbagai kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati. Pola makan ini juga tidak selalu berarti mengeliminasi berbagai produk daging dan turunannya (misalnya telur, keju dan susu). Diet plant based food itu lebih mengajak kita untuk menyeimbangkan pola makan sehari-hari dengan fokus utama pada bahan makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan tersebut.

Kata proporsional menjadi kunci dari diet plant based sehat ini.

 

Proporsi makanan diet plant based yang pas itu gimana ya?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pola makan ini tidak selalu berarti mengonsumsi sayuran dan buah-buahan saja, melainkan kita harus menjaga proporsi dan menitikberatkan pada bahan makanan yang berasal dari tumbuhan.

Kamu bisa mulai menerapkan pola makan ini dengan beberapa langkah mudah.

 

Sarapan sehat praktis

Mulai hari kamu dengan sarapan yang sehat dan praktis seperti oatmeal. Tidak harus selalu berupa sayur atau buah-buahan, oatmeal juga termasuk plant based food yang praktis untuk disiapkan pada saat sarapan.

 

Selalu didampingi sama yang ijo-ijo

Pastikan ada lauk berwarna hijau di piringmu. Setiap kali kamu makan siang atau makan malam, pastikan kamu mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau seperti bayam, buncis, brokoli, timun atau jenis sayuran lainnya.

 

Sayur = sajian utama

Pastikan yang ijo-ijo itu mengisi paling tidak setengah piring kamu. Ubah pola pikir bahwa main dish harus selalu berupa ayam, daging atau ikan. Sayuran juga dapat menjadi sajian utama yang tidak kalah enaknya dari ayam goreng, apalagi kalau dimasak dengan berbagai rempah khas Indonesia. (internal link)

 

Es Krim?

Hmm jangan dulu deh! Konsumsi buah-buahan sebagai hidangan penutup. Es krim dan berbagai makanan manis lainnya memang enak dikonsumsi setelah makan siang. Namun diet plant based food mengajak kita untuk terbiasa mengonsumsi buah-buahan sebagai hidangan penutup.

 

Yuk Kita Mulai!

Jika kamu baru pertama kali mencoba diet plant based sehat ini, kamu bisa memulainya dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitarmu dengan harga yang terjangkau. Tidak perlu merogoh kocek berlebih dengan membeli bahan impor yang mahal, karena tujuan utama dari pola makan ini adalah agar kamu dapat memilih proporsi makanan yang tepat dengan fokus pada makanan yang berasal dari tumbuhan.

Ketika sudah terbiasa mengonsumsi pola makan ini secara rutin, kamu akan mendapatkan manfaat dari nutrisi dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Selain dapat menjadikan tubuh kamu lebih sehat, kamu juga dapat terhindar dari berbagai risiko penyakit yang mungkin akan datang menghampirimu di masa yang akan datang.

Pilihan makanan yang baik dan pola makan yang teratur dapat membuat hidup kita #BerawalDariSehat. Kamu bisa mulai melangkah menuju hidup yang lebih sehat dan bersiap menghadapi tantangan dengan diet plant based food. Nah, selain pilihan makanan yang tepat, kamu juga bisa menggapai hidup yang lebih sehat, lebih lama dan lebih baik bareng asuransi AIA Indonesia. Dapatkan berbagai perlindungan yang pas untuk kamu dan keluarga. Yuk langsung cek produknya di berawaldarisehat.aia.co.id atau bisa juga langsung beli di GoSure by Gojek. 

Publish Date
2021-09-23 11:44
Tags
aia-id-bds:eat-well
SEO Article Description