Move Well Article 2

Publication Article
false
Article Image
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/image-detail-article-8.jpg
Publish Date
2022-06-20 14:59
tags
aia-id-bds:move-well
article title
Olahraga sehat yang perlu kamu ketahui
Description

Olahraga sehat yang dilakukan secara rutin dapat menciptakan tubuh yang sehat dan membuat produktivitas bertambah.

article description detail

Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga itu baik bagi kesehatan tubuh kita, berbagai gerakan olahraga sehat dapat kita lakukan dimana saja. Baik itu di rumah, di taman, bahkan di kantor, kamu juga tetap bisa melakukan gerakan olahraga sehat.

Selama bekerja di rumah atau yang biasa kita sebut WFH (Work From Home), tubuh kita semakin sedikit bergerak, hal ini tentu saja dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti sakit punggung dan berbagai macam penyakit lainnya. Maka dari itu, olahraga sehat perlu diterapkan di dalam setiap kegiatan yang kamu lakukan.

Benarkah, dengan berolahraga dapat meningkatkan mood?

Olahraga sehat pada dasarnya dapat meningkatkan hormon endorfin, seperti yang kita ketahui bahwa hormon endorfin adalah hormon yang dapat meningkatkan suasana hati kita, menurut National Institute of Health (NIH)olahraga dapat meningkatkan kesehatan mental dan suasana hati, serta mengurangi risiko stres dan depresi. Selama berolahraga, tubuh kita akan melepaskan bahan kimia atau hormon endorfin yang dapat meningkatkan mood, dan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. 

Selain olahraga sehat, hal yang perlu kamu perhatikan pada saat WFH adalah asupan gizi, seperti tidak melewatkan makan siang. Menurut Sandra A revalo, Direktur Nutrition and Community Outreach at Community Pediatrics Program of Children’s Hospital at Montefiore Medical System di New York, beliau menyebutkan bahwa pentingnya makan siang untuk mengatur nafsu makan dan menjaga metabolisme tubuh kita agar tetap stabil.

Memangnya ada olahraga sehat yang low budget?

“Duhh pengen banget olahraga, tapi nggak ada waktu dan budgetnya” kalimat seperti ini sering banget diucapkan, padahal nggak semua olahraga sehat itu mesti mengeluarkan budget yang besar lho! misalnya saja pas kamu lagi banyak kerjaan di kantor, kamu bisa banget melakukan beberapa gerakan olahraga seperti Squat, peregangan tangan, peregangan punggung dan masih banyak lagi. 

Untuk melakukan gerakan olahraga sehat diatas tentu kita tidak perlu mengeluarkan budget. Tak hanya itu, jika kamu saat ini sedang bekerja dari rumah atau WFH, kamu juga bisa melakukan beberapa gerakan olahraga sehat yang akan membantu kamu tetap sehat dan mengurangi stres akibat deadline kerjaan yang menumpuk. 

Rutin berolahraga juga dapat menghindari kamu dari kemungkinan terpapar beberapa jenis penyakit, apalagi dalam kondisi saat ini dimana kita semua tahu bahwa Covid-19 masih menghantui kita dimanapun kita berada, tentu saja hal ini menjadi permasalahan serius yang perlu kita beri perhatian ekstra. 

Banyak hal yang bisa kamu lakukan agar tubuh tidak mudah untuk terkena penyakit, dengan cara memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat. Contohnya saja kamu bisa mulai melakukan gerakan olahraga sehat di rumah bisa dengan melakukan gerakan Jumping Jacks, Squat, Jogging dan masih banyak lagi gerakan olahraga yang bisa kamu lakukan selama kamu berada dirumah.

Tidak hanya itu, menjaga pola hidup sehat juga bisa dimulai dari memakan makanan bergizi, bernutrisi tinggi kurangi makan makanan cepat saji seperti Junk Food, makanan-makanan manis dan minuman manis yang dapat mengganggu kesehatan tubuhmu. Mulai perbanyak minum air mineral sebagai pengganti minuman manis atau kafein. 

Olahraga sehat juga bisa jadi alternatif kamu buat jalan-jalan.

olahraga sehat yang perlu kamu ketahui adalah, ketika kamu bisa menyempatkan waktu untuk berolahraga merelaksasikan tubuh agar tidak kaku setelah bekerja seharian penuh. 

Olahraga sehat tidak melulu harus kamu lakukan di tempat gym, kamu bisa berjalan santai mengelilingi komplek misalnya, atau bisa juga sambil jogging lari tipis-tipis di taman dekat rumah sambil membawa binatang peliharaanmu. 

Gerakan simpel yang kamu lakukan untuk berolahraga, sangat baik bagi kesehatan tubuh dan pikiran mu. Dengan tubuh yang sehat kita bisa dengan leluasa untuk beraktivitas, tanpa khawatir akan masalah-masalah kesehatan yang seringkali menghantui pikiran.

Tips menjaga kesehatan yang wajib kamu ketahui!

1. Berolahraga secara teratur

Berolahraga secara teratur dapat menjaga kebugaran tubuh, melancarkan aliran darah serta menjaga metabolisme tubuh agar tetap stabil, tubuhmu akan terasa jauh lebih sehat jika sering melakukan beberapa gerakan olahraga sehat. maka dari itu orang yang rajin berolahraga besar kemungkinan untuk tidak mudah terkena penyakit, karena sistem kekebalan tubuhnya juga bekerja dengan baik di dalam tubuh.

Makan makanan yang bergizi yang terdiri dari Protein, Lemak dan Karbohidrat perlu untuk lebih diperhatikan, karena setiap makanan yang masuk kedalam tubuh kita akan berpengaruh pada kesehatan tubuh kita. Selain mengonsumsi makanan sehat kita juga perlu menjaga kesehatan dengan minum Vitamin untuk membantu menjaga daya tahan tubuh.

2. Menjaga pola tidur

Selain berolahraga dan makan-makanan sehat, kita juga harus mengatur pola tidur. Mengapa pola tidur itu penting bagi kesehatan tubuh? Karena jika tubuh kita kurang istirahat dapat meningkatkan risiko penyakit kronis, menurunkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan fungsi kognitif, mempengaruhi emosi dan mental kamu.

3. Minum air putih untuk cegah dehidrasi

Faktanya minum air putih secara rutin mampu menjaga kesehatan tubuhmu, karena seperti yang kita ketahui sekitar 60-70% persen tubuh kita terdiri dari air, dengan rutin minum air putih kita dapat menjaga kadar cairan tubuh, sehingga tubuh tidak mengalami gangguan pada fungsi pencernaan dan penyerapan makanan, hingga ginjal.

Intinya jangan mager buat mulai olahraga sehat!

Nggak jarang orang yang biasanya udah niatin buat bangun pagi pas weekend untuk memulai kegiatan olahraganya, malah matiin alarm pas waktunya dia bangun buat olahraga. Dengan dalih “besok ajalah olahraganya” kalimat seperti ini akan terus terulang jika memang tidak dibarengi oleh keinginan yang kuat.

Di usia yang sudah terbilang tidak muda lagi, kita perlu banyak berolahraga melakukan beberapa gerakan untuk merelaksasikan tubuh kita, setelah seharian bekerja agar kembali rileks dan tetap terjaga kesehatan tubuh kita.

Akan tetapi olahraga dan jaga pola makan sehat saja ternyata juga tidaklah cukup lho! Selain memulai kebiasaan untuk hidup yang sehat, kamu harus memberikan ekstra proteksi pada dirimu dengan memberikan perlindungan ekstra melalui produk WFA dari asuransi AIA  hanya dengan 1 Rupiah kamu sudah bisa terlindungi hingga 15 juta lho! Yuk, daftar sekarang.

share logos