Merencanakan-tabungan-masa-depan

Publication Article
true
Article Image
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/image-detail-article-13.jpg
Publish Date
2022-09-30 12:11
tags
aia-id-bds:plan-well
article title
Perencanaan Dana Agar Tidak Ada Konflik di Masa Depan
Description

Perencanaan dana darurat di masa depan adalah pemikiran yang tepat, karena kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi di kemudian hari.

article description detail

Merencanakan dana darurat yang akan digunakan untuk keperluan mendadak seperti kesehatan, kecelakaan dan untuk keperluan mendadak lainnya tentu menjadi hal yang perlu dipertimbangkan. Karena seperti yang kita ketahui perencanaan dana adalah hal yang sangat penting kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi kedepannya, apa yang akan datang menimpa kita di kemudian hari maka dari itu salah satu hal penting yang harus kita lakukan adalah merencanakan dana darurat.

Apa sih pentingnya manfaat perencanaan dana bagi kehidupan kita?

Manfaat perencanaan dana untuk masa depan tentu menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan kita semua, menabung itu sendiri berarti menyisihkan pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik yang tak terduga maupun yang terduga. Beberapa dekade silam, menabung identik dengan menempatkan dana di rekening bank. Namun, hari ini pengertian itu tidak selalu tepat. Bila menyisihkan pendapatan dimaksudkan untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, maka Anda perlu memastikan dana yang disimpan memadai untuk kebutuhan tersebut. Selain itu ada 5 hal penting yang menjadi faktor bahwa perlu untuk mulai perencanaan dana sejak dini.

1. Kebutuhan dana darurat

Dana darurat  yang bisa juga disebut sebagai pengeluaran tak terduga dapat selalu terjadi kapan saja dan kepada siapa saja, seperti terjadinya kecelakaan, anak sakit, atau tiba-tiba anda terkena penyakit yang mengharuskan anda untuk rutin melakukan perawatan pengobatan atau check up rutin dengan dokter spesialis tertentu, renovasi rumah dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan terduga di masa mendatang

Selanjutnya, manfaat memiliki dana lebih adalah untuk mengantisipasi berbagai kebutuhan terduga di masa mendatang. Contoh mudah adalah bila menyoal kebutuhan pokok seperti kebutuhan rumah. Setiap orang pasti ingin memiliki rumah impian. Namun, agar bisa mewujudkannya, perlu mempersiapkan dana agar bisa tidak kekurangan dana untuk membeli rumah. Ini adalah salah satu contoh kebutuhan terduga.

Contoh lainnya adalah mempersiapkan dana untuk membeli mobil agar berangkat ke kantor jadi lebih mudah dan nyaman, tentu saja harus mulai dari persiapkan dana nya terlebih dahulu untuk mewujudkan impian membeli mobil, selain itu mempersiapkan dana untuk keadaan terduga seperti belanja kebutuhan sehari-hari, dana sekolah untuk anak, biaya perawatan rumah dan lain sebagainya. akan tetapi untuk hal yang satu ini anda juga perlu lebih berhati-hati agar pengeluaran bulanan anda tidak membengkak.

3. Keamanan finansial

Anda dapat dikatakan "Aman Finansial" apabila sudah dapat terhindar dari rasa khawatir di masa depan nanti, seperti memiliki simpanan dana lebih akan selalu menempatkan Anda selangkah lebih maju ke zona aman finansial. Ini sudah jelas. Seseorang yang memiliki simpanan dana akan lebih tenang dalam menghadapi berbagai peristiwa di masa depan yang sekiranya membutuhkan biaya. Dana simpanan bisa menjadi sumber untuk menutup kebutuhan mendadak tersebut. Sebaliknya, bila tidak memiliki dana lebih sama sekali, keuangan Anda berisiko terpapar masalah finansial kapan saja. Maka dari itu pentingnya mulai melakukan perencanaan dana untuk membebaskan anda dari khawatir di kemudian hari.

4. Dana masa depan

Memiliki simpanan dana akan selalu membantu anda jika terlibat oleh hal yang mengharuskan anda mengeluarkan biaya. Selain itu memiliki dana masa depan dapat melindungi dana pensiun ataupun anggaran yang telah kamu siapkan untuk cita-cita di masa depan. Pasalnya, dana tersebut hanya digunakan saat kondisi mendesak dan kamu akan mengisi rekening kembali jika dana darurat terpakai.

5. Pikiran jadi lebih tenang 

Jika semua dana yang dibutuhkan sudah anda miliki maka anda akan merasa jauh lebih tenang, sudah memiliki simpanan dana atau uang untuk keperluan dana darurat sama halnya seperti anda telah mempersiapkan senjata sebelum anda mulai berperang. Selain itu, anda juga dapat lebih fokus dalam meningkatkan kualitas pada bidang kehidupan lain, termasuk karier atau rekreasi, tanpa perlu memikirkan sisi finansial.

Ternyata dengan memiliki perencanaan dana, kamu bisa membuat masa depanmu jadi lebih cerah.

Perencanaan dana merupakan kebiasaan baik yang seharusnya sudah ditanamkan sejak dini, jika ingin membeli suatu barang atau hal lainnya, akan lebih baik jika sebelumnya sudah kamu persiapkan. Dengan menabung maka kamu akan terbiasa menyisihkan sebagian pendapatan kamu. Yang mana uang yang kamu sisihkan ini bisa bermanfaat untuk hal lain di masa mendatang. Namun apa saja manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memiliki perencanaan dana? Berikut manfaatnya :

1. Akan lebih menghargai uang yang diperoleh

2. Lebih bisa mengatur uang sendiri

3. Lebih hemat

4. Jadi lebih mandiri

5. Masa depan anak lebih cerah

6. Mengajari tentang kedisiplinan

7. Menghindarkan sikap suka berhutang

8. Untuk melatih kesabaran

9. Dapat menjadi kebiasaan baik

10. Sebagai dana darurat

11. Lebih bijak mengambil keputusan

12. Belajar membuat rencana keuangan

13. Lebih tenang di hari tua

14. Menjadi lebih bertanggung jawab

15. Sebagai investasi jangka panjang.

Perlu kamu ketahui, ini manfaat pentingnya berhemat uang untuk diri sendiri dan keluarga

Belajar hidup hemat memang tidaklah mudah, apalagi jaman sekarang banyak yang ingin tampil bergaya. Suara "permisi paket" hampir selalu sering didengar, banyak orang yang menghamburkan uang untuk belanja online maupun offline, padahal yang dibelanjakan tersebut bukanlah barang kebutuhan melainkan untuk memuaskan hawa nafsu terhadap suatu barang atau terlalu memaksa ingin mengikuti trend yang sedang hype. Alih-alih ingin terlihat keren justru hal tersebut yang bisa membuat pengeluaran bulanan semakin membengkak.

Di era saat ini, bahan-bahan pokok mulai naik, harga BBM dan keperluan sehari-hari terus meningkat. Maka dari itu penting untuk mulai belajar memilah mana yang harus di prioritaskan. Jangan belanja hal yang tidak terlalu kamu butuhkan agar tidak terjadinya pemborosan.

Belajar untuk berhemat merupakan perilaku terpuji yang sudah diajarkan sejak anak-anak. Perilaku ini memberikan banyak manfaat untuk diri sendiri maupun orang lain. Lantas, apa saja manfaat hemat? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Manfaat Hemat Uang untuk Diri Sendiri. Hemat berarti berhati-hati dalam membelanjakan uang dan sebagainya, tidak boros, serta cermat. Sebagaimana pepatah yang menyebutkan bahwa “hemat pangkal kaya, boros pangkal miskin”, kebiasaan hemat ini memberikan banyak manfaat. Berikut manfaat dari berhemat :

Memiliki kecukupan secara finansial :

Memiliki kecukupan secara finansial tentunya akan memudahkan kita untuk menjalani hari-hari, Dengan kebiasaan hidup hemat, sebesar apapun penghasilan yang dimiliki, maka kita tidak akan mudah tergoda menghamburkan uang untuk hal yang tidak perlu. Seseorang yang terbiasa hemat, biasanya akan lebih memilih menggunakan uang untuk mencukupi kebutuhan dibandingkan keinginan semata.

Membentuk kemandirian :

Manfaat hemat lainnya yaitu bisa membantu membentuk diri menjadi lebih mandiri. Hal tersebut dikarenakan, seseorang yang terbiasa hidup hemat sudah bisa bertanggung jawab dengan uang yang dimiliki. Tidak menghambur-hamburkan uang untuk hal yang memang tidak diperlukan, kebiasaan berhemat yang sudah ditanamkan sejak kecil ini ternyata sangat membawa dampak positif bagi kehidupan di masa depan, dengan terbiasanya hidup mandiri maka kamu tidak perlu bergantung dengan siapapun untuk dapat memenuhi kebutuhanmu. 

Mengasah kemampuan dalam mempertimbangkan sesuatu : 

Dengan belajar berhemat kamu bisa mengasah kemampuanmu dalam mempertimbangkan sesuatu, seperti pada saat ingin membeli sesuatu, kamu pasti akan berulang kali mempertimbangkannya jika sedang berhemat. Apakah yang akan kamu beli ini penting atau tidak, atau apakah produk tersebut benar-benar kamu butuhkan atau tidak. Seseorang yang terbiasa hidup hemat, secara tidak langsung akan menjadi pribadi yang bisa berpikir praktis dan mudah dalam mengambil keputusan. Hidup hemat secara tidak langsung juga melatih seseorang untuk selalu mempertimbangkan rasio kecukupan.

Terhindar dari hutang :

Manfaat hemat lainnya yaitu bisa membuat kita terhindar dari hutang. Hal tersebut dikarenakan, seseorang yang menerapkan hidup hemat biasanya memiliki dana darurat yang dapat digunakan saat ada kebutuhan mendesak. Dengan demikian, yang bersangkutan tidak perlu mencari pinjaman uang dari orang lain.

Menjamin keuangan masa depan :

Manfaat hemat uang untuk keluarga ternyata bisa menjamin keuangan masa depan. Hal tersebut dikarenakan, seseorang yang terbiasa hidup hemat akan memiliki kemampuan mengatur keuangan rumah tangga dengan baik. Maka dari itu, tujuan keuangan keluarga di masa depan relatif lebih mudah tercapai.

Melindungi dari Pengeluaran Tak Terduga :

Dengan membiasakan gaya hidup hemat, maka pengeluaran tak terduga bisa lebih dihindari. Pasalnya, saat berhemat kita akan melakukan rencana keuangan dengan baik. Maka dari itu, segala pengeluaran sudah diatur dengan baik dan membuat kondisi keuangan keluarga lebih sehat.

Meninggalkan Warisan untuk Anak :

Kebiasaan hemat juga berdampak positif untuk anak kita. Kebiasaan hemat lewat menabung dan investasi bisa membuat kita meninggalkan warisan untuk anak saat meninggal dunia. Dengan demikian, kehidupan anak tetap terjamin meskipun orang tuanya sudah meninggal dunia.

Itulah sejumlah tips mengenai bagaimana cara merencanakan dana untuk masa depan yang lebih cerah agar terhindar dari konflik, selain berhemat  dan menabung, kamu juga perlu memberikan ekstra proteksi untuk dirimu agar beraktivitas jadi lebih aman dan nyaman. Bersama produk Asuransi AIA Future Protection dengan paket WFA yang terdapat pada platform All Is Well (alliswell.aia.id) baik pada website maupun mobile. Cukup 1 Rupiah bisa bantu jagain kamu kapanpun dan dimanapun kamu berada, prosesnya #TanpaRibetSatSet yuk, buruan daftarkan dirimu sekarang juga.

share logos