move-well-article-3

Publication Article
false
Article Image
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/image-detail-article-9.jpg
Publish Date
2022-06-15 14:15
tags
aia-id-bds:plan-well
article title
Cicilan rumah impian untuk berlindung di masa tua
Description

Cicilan rumah impian untuk membangun masa depan bersama orang terkasih, terdengar sangat membahagiakan.

article description detail

Bagaimana tidak, merencanakan masa depan dengan orang terkasih sungguh suatu hal yang sangat membahagiakan. Mulai dari merencanakan hidup bersama dengan pasangan kita, akan menikah kapan, berapa banyak anak yang akan kita miliki hingga bermimpi untuk membangun keluarga bahagia dan memimpikan ingin tinggal di rumah impian. 

Tak jarang terlintas di pikiran bahwa memiliki rumah adalah suatu kewajiban bagi setiap keluarga, rumah adalah tempat untuk berlindung, tentunya kita menginginkan rumah yang aman dan nyaman. Cicilan rumah menjadi salah satu alternatif untuk pasangan-pasangan muda agar mereka dapat memiliki rumah impian mereka.

Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan jika kamu ingin memulai cicilan rumah, agar tidak salah dalam mengambil langkah.

Pengalaman mencicil rumah pertama kali memang sangat menyenangkan, karena untuk pertama kalinya kita berusaha keras untuk mencapai goals yang selama ini selalu diimpikan. merencanakan pernikahan dengan pasangan yang kita cintai adalah awal untuk masa depan yang akan kita jalani. Sebelum sampai di tahap pernikahan biasanya sebagian orang mempersiapkan dengan matang mulai dari rencana pernikahan, akan tinggal dimana setelah menikah. 

Menyiapkan semua agar keluarga kecil yang akan kita bangun mendapat kenyamanan dan keamanan yang terjamin. Mulai dari kita yang sudah seharusnya mempunyai penghasilan untuk kehidupan kedepannya nanti, menyiapkan rumah sebagai tempat tinggal dengan pasangan. Berikut adalah beberapa tips untuk pemula yang ingin mulai mencicil rumah, sebagai berikut :

1. Cek harga pasaran rumah di area tersebut

Sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk memulai cicilan rumah pertama mu di suatu tempat, lakukan riset terlebih dahulu. Lakukan riset cepat dengan melihat listing iklan jual beli rumah pertama di lokasi yang Anda inginkan. Anda juga bisa mengecek harga terendah dari NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) yang bisa dilihat di situs resmi Badan Pertanahan Nasional.

2. Tentukan ingin membeli rumah bekas atau rumah baru?

Mau pilih rumah bekas atau baru sama-sama memiliki plus dan minus nya masing-masing, jika kamu memilih untuk membeli rumah baru kamu harus lebih teliti mulai dari bahan-bahan apa yang digunakan untuk pondasi rumah tersebut, kelengkapan surat-surat, listrik, air dan lain sebagainya agar kamu lebih nyaman selama menempati rumah tersebut. Namun jika kamu memilih rumah bekas maka kamu harus melakukan pengecekan apakah rumah tersebut di lokasi yang rentan dengan banjir, apakah rumah tersebut memerlukan banyak renovasi dan lain sebagainya.

3. Ketahui biaya total cicilan perbulan

Jika kamu sudah siap untuk mencicil rumah, berarti kamu sudah siap dengan besaran bunga yang akan diberikan oleh pihak bank yang nantinya akan kamu pilih untuk KPR, usahakan ambil tenor dalam jangka waktu yang tidak terlalu panjang, hitung dengan teliti besaran bunga yang diberikan, agar tidak mempersulit kamu di masa mendatang.

4. Pilih daerah yang sesuai

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai cicilan rumah, ada baiknya kamu tentukan daerah mana yang kira-kira akan kamu pilih untuk membeli rumah pertama, lakukan riset tentang daerah tersebut, apakah daerah tersebut termasuk wilayah yang sering terkena banjir, akses menuju pusat perbelanjaan, rumah sakit, pusat pendidikan, dan apakah jalannya dilalui oleh angkutan umum. hal kecil tersebut penting untuk dipertimbangkan agar kamu merasa nyaman tinggal di rumah tersebut. Jangan lupa juga untuk hitung kira-kira jarak dari rumah ke kantor mu apakah cukup mudah dijangkau?

Pernahkah kamu mendengar tentang rumah subsidi? Dan apakah keuntungan membeli rumah subsidi?

Ketika kita ingin membeli atau mencicil rumah, seringkali kita mendengar tentang rumah bersubsidi, apa sih rumah bersubsidi itu? Rumah subsidi itu adalah adalah rumah yang dibangun dengan harga terjangkau yang diperoleh melalui skema KPR, baik secara konvensional maupun dengan skema syariah.

Perumahan subsidi menawarkan solusi bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) untuk memiliki hunian layak dengan harga terjangkau. Dengan program perumahan subsidi, masyarakat bisa beli hunian dengan harga terjangkau karena telah mendapatkan bantuan dari pemerintah yang tidak mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) layaknya rumah komersial.

Apa saja keuntungan membeli rumah bersubsidi?

Keuntungan membeli rumah bersubsidi adalah :

  1. DP (Down Payment) rendah
  2. Harganya murah
  3. Cicilan dan tenor yang ringan
  4. Persyaratan mudah
  5. Pengembang terpercaya
  6. Kualitas bangunan yang aman.

Namun, untuk rumah bersubsidi ini tidak semua orang bisa mendapatkannya, hanya orang dari golongan tertentu yang memenuhi syarat yang dipilih oleh pemerintah untuk membeli rumah bersubsidi tersebut. 

Apa itu KPR?

Pernah dengar istilah KPR? KPR adalah Kredit Pemilikan Rumah adalah kredit yang disediakan oleh Bank, KPR itu sendiri terdiri dari 2 jenis, KPR subsidi dan KPR Non-subsidi.

KPR Subsidi

yaitu suatu kredit yang diperuntukan kepada masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah dalam rangka memenuhi kebutuhan perumahan atau perbaikan rumah yang telah dimiliki. Bentuk subsidi yang diberikan berupa : Subsidi meringankan kredit dan subsidi menambah dana pembangunan atau perbaikan rumah. Kredit subsidi ini diatur tersendiri oleh Pemerintah, sehingga tidak setiap masyarakat yang mengajukan kredit dapat diberikan fasilitas ini. Secara umum batasan yang ditetapkan oleh Pemerintah dalam memberikan subsidi adalah penghasilan pemohon dan maksimum kredit yang diberikan.

KPR Non Subsidi

yaitu suatu KPR yang diperuntukan bagi seluruh masyarakat. Ketentuan KPR ditetapkan oleh bank, sehingga penentuan besarnya kredit maupun suku bunga dilakukan sesuai kebijakan bank yang bersangkutan.

Apa saja sih, yang menjadi syarat wajib KPR?

 

  1. KTP suami dan atau istri (bila sudah menikah)
  2. Kartu Keluarga
  3. Keterangan penghasilan atau slip gaji
  4. Laporan keuangan (untuk wiraswasta)
  5. NPWP Pribadi (untuk kredit di atas Rp. 100 juta)
  6. SPT PPh Pribadi (untuk kredit di atas Rp. 50 juta)
  7. Salinan sertifikat induk dan atau pecahan (bila membelinya dari developer)
  8. Salinan sertifikat (bila jual beli perorangan)
  9. Salinan IMB.

Kenali jenis pembiayaan cicilan rumah

Pembiayaan cicilan rumah terbagi menjadi beberapa tahap, yang pertama yaitu suku bunga Flat, kemudian suku bunga Floating, Cash dan Cash bertahap.

Suku Bunga Flat

Suku bunga flat adalah sistem pembayaran cicilan rumah, dengan cara membayar cicilan dari tahun pertama hingga batas akhir tenor dengan jumlah yang sama setiap bulannya, biasanya suku bunga flat ini diberikan oleh bank Syariah. Namun setiap prosesnya berbeda ada yang hitungan flat nya dari tahun pertama hingga tahun kelima, kemudian pada tahun ke 6 hingga batas akhir tenor naik 1% atau sesuai ketentuan Bank.

Suku Bunga Floating

Suku bunga floating adalah sistem pembayaran cicilan rumah dengan cara, Suku bunga yang satu ini merupakan kebalikan dari suku bunga flat, yaitu tingkat suku bunganya tidak tetap karena tergantung suku bunga di pasar. Adanya pergerakan suku bunga di pasaran, akan berpengaruh pada jenis suku bunga floating.

Cash

Pembelian rumah dengan sistem pembayaran cash adalah, dengan cara dibayar lunas secara langsung, tanpa cicilan dan tanpa bunga.

Cash Bertahap

Sedangkan cash bertahap adalah, pembayaran cash yang dilakukan dengan cara dicicil, biasanya untuk pembayaran cash bertahap ini bunganya tidak terlalu besar dan tenor yang ditawarkan juga pendek.

Nah, jadi sudah ada gambaran kan bagaimana dan apa saja yang kira-kira diperlukan pada saat ingin mencicil rumah. Baik kamu dan pasangan, sebaiknya merencanakan hal ini secara matang sebelum akhirnya memutuskan membeli suatu rumah, karena rumah adalah aset berharga dan tempat berlindung terbaik untuk masa tuamu. 

Pikirkan matang-matang, buatlah opsi dari berbagai model dan daerah yang akan kamu dan pasangan pilih untuk membeli rumah. karena kenyamanan di rumah adalah hal utama yang harus kita rasakan ketika kita sudah mempunyai rumah untuk berlindung. 

Selain memikirkan akan membeli rumah, ada hal yang tidak kalah penting yang perlu kamu perhatikan, yaitu adalah kesehatanmu. Jika tubuhmu sehat dan terlindungi, maka kemanapun kamu berada dan aktivitas apapun yang kamu lakukan jadi bebas worry! Yuk, apapun kondisinya buat segalanya jadi #AllisWell dan dapatkan produk WFA dari AIA Insurance, hanya dengan 1 Rupiah kamu sudah bisa terlindungi kapanpun dan dimanapun. Beli sekarang! 

share logos