plan-well-article-2

Publication Article
true
Article Image
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/image-detail-article-10.jpg
Publish Date
2022-06-15 14:09
tags
aia-id-bds:plan-well
article title
Beberapa pusat perkantoran kini aktif kerja dari kantor lagi
Description

Tidak terasa sudah 2 tahun WFH karena pandemi Covid-19, kini beberapa pusat perkantoran mulai aktif kerja dari kantor lagi.

article description detail

Kerja dari kantor WFO (Work From Office) saat ini sudah mulai banyak kita temui di pusat perkantoran, baik mulai dari perkantoran swasta maupun negeri. Tak jarang juga kita temui beberapa kantor yang masih menerapkan sistem kerja WFO dan WFH secara bergantian, menurut Inmendagri No.10 tahun 2022 bagi daerah dengan status PPKM Level 2 jumlah kapasitas yang diperbolehkan sebanyak 75%, sedangkan untuk daerah dengan status PPKM Level 1 diperbolehkan WFO dengan jumlah kapasitas  sebanyak 100%. Dengan syarat para pekerja sudah divaksin dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada saat memasuki area perkantoran.

Seperti yang kita ketahui, pandemi Covid-19 hingga saat ini masih terus berlangsung. Ada beberapa hal yang harus kamu patuhi sebelum memulai untuk kembali kerja dari kantor yaitu sebagai berikut :

1. Patuhi protokol kesehatan

Dengan tetap memakai masker di dalam maupun diluar ruangan, guna untuk mencegah terjadinya penyebaran virus Covid-19, jangan memaksakan diri untuk kerja dari kantor apabila merasa kondisi badan sedang kurang sehat.

2. Pastikan kamu sudah divaksinasi

Sebagaimana kita ketahui bahwa salah satu syarat untuk bisa memasuki area perkantoran adalah menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang berarti harus sudah divaksin jika ingin menggunakan aplikasi tersebut. Selain itu, vaksin sangat penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuhmu agar tidak mudah terpapar virus Covid-19.

3. Makan makanan sehat

Di masa pandemi seperti saat ini, makanan yang sehat sangat diperlukan bagi tubuh untuk tetap menjaga kesehatan, dengan makan makanan yang bergizi, tubuhmu tentu akan lebih sehat untuk beraktifitas diluar rumah. (inbound ke link artikel makan siang sehat) Dan kamu tetap terlindungi dari bahaya virus.

Mulai masuk kerja dari kantor, kamu pilih naik apa untuk transportasi? Kendaraan pribadi atau angkutan umum?

Kerja dari kantor bikin kamu mulai mikir lebih hemat mana ya, naik kendaraan pribadi atau naik angkutan umum? Hmm, memikirkan cara teraman untuk berangkat ke kantor dimasa pandemi seperti ini juga ternyata membutuhkan cukup banyak pertimbangan yang matang agar keuanganmu juga tidak membengkak di akhir bulan. Namun, ternyata tak hanya masalah biaya yang perlu diperhatikan.

Beberapa pertimbangan seperti, keamanan jika naik transportasi umum, kebersihan tempat yang akan kita singgahi seperti halte bus, terminal dan lain sebagainya juga ternyata perlu diperhatikan agar tidak mudah terpapar virus. Lalu jika kamu memilih berangkat ke kantor dengan menggunakan kendaraan pribadi apakah kamu sudah siap untuk menyetir dalam kondisi macet parah?

Apa sih yang membedakan naik kendaraan pribadi dengan naik transportasi umum pada saat pandemi?

Kendaraan pribadi

Kerja dari kantor sudah mulai dilakukan oleh beberapa area perkantoran di Jakarta, beberapa orang memilih berangkat ke kantor menggunakan kendaraan pribadi karena dengan menggunakan kendaraan pribadi lebih terjamin keamanan dan kebersihannya, selain itu dengan menggunakan kendaraan pribadi ke kantor dapat meminimalisir terpapar virus.

Transportasi umum

Berangkat ke kantor menggunakan transportasi umum juga masih banyak diminati oleh sebagian orang di Jakarta, akan tetapi resiko penularan virus lebih besar jika menggunakan transportasi umum, penyebabnya adalah banyak orang yang turun naik setiap waktu, kebersihan di dalam angkutan umum juga tidak bisa kita kontrol, interaksi dengan penumpang lain di dalam angkutan umum juga dapat meningkatkan resiko tertular virus Covid-19.

Saatnya kembali WFO yuk, siapkan hal ini biar hari-harimu di kantor jadi lebih menyenangkan!

Sebaiknya bawa dari rumah bekal makan siangmu

Selain terjamin kebersihannya, membawa bekal makan siang dari rumah juga membantu menghemat pengeluaran, dan kesehatanmu juga terjamin.

Mendengarkan lagu favorit

Salah satu cara untuk membuat pikiran kita rileks saat diterpa deadline kerjaan adalah dengan mendengarkan musik kesukaanmu, selain itu mendengarkan musik  dapat membantu kerja otak menjadi lebih baik. 

Menurut Medical News Today, peneliti dari McGill University di Kanada mengungkapkan bahwa musik bisa mengaktifkan pusat penghargaan (reward center) otak. Hal ini berguna untuk otak, karena memberikan motivasi yang cukup bagi otak untuk mempelajari informasi baru.

Tahukah kamu, bahwa Genre musik yang kita dengarkan juga dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak lho! menurut Psikologi klinis bidang Cognitive Behavioral Therapy, Dr. Emma Gray, dari The British CBT & Counselling Service, London. Musik dengan Genre Classic dapat meningkatkan kecerdasan otak kita.

Bekerja dalam tekanan yang cukup tinggi dapat membuat konsentrasi kamu buyar. Nah, disinilah manfaat mendengarkan musik kesukaanmu. Dengan bekerja sambil mendengarkan musik maka cara kerja otak meningkat dan dapat memperbaiki mood kamu. Jika mood kita sudah bagus maka mengerjakan pekerjaan yang menggunung tidak akan terasa berat. 

Mendengarkan musik juga ternyata mampu menghilangkan stres, dan baik untuk kesehatan metal. Disadur dari Open Minds, para peneliti dari MARCS Institute for Brain, Behavior and Development telah menemukan bahwa musik dipercaya dapat meningkatkan memori dan retensi serta memaksimalkan kemampuan belajar seseorang.

Kembali kerja dari kantor atau WFO, bukan berarti kamu harus menghabiskan seluruh waktumu di kantor ya!

Penting kamu ketahui, walaupun saat ini kamu sudah mulai rutin masuk kantor, akan tetapi waktu yang kamu miliki tidak harus kamu habiskan seharian penuh untuk bekerja di kantor ya! Mengutip dari laman Halodoc, bahwa orang yang terlalu sering bekerja lembur dapat menimbulkan dampak negatif bagi dirinya.

Ingat, tubuh dan pikiranmu juga butuh istirahat. Jangan terlalu egois untuk terlalu memforsir waktu bekerja mu. Jika kamu terlalu sering bekerja lembur maka kamu harus memperhatikan beberapa dampak negatif yang akan kamu rasakan di tubuhmu.

  1. dapat terserang penyakit kronis
  2. kehilangan konsentrasi
  3. menurunnya metabolisme tubuh
  4. tidak dapat berpikir secara jernih dan masih banyak lagi.

Maka dari itu jika ingin tubuh tetap sehat saat kembali ke kantor, maka kita harus selalu menjaga pola hidup sehat, dimulai dari menjaga makan-makanan yang akan dikonsumsi, pastikan dirimu sudah di vaksinasi untuk melindungimu dari bahaya virus Covid-19, jaga jarak aman dan selalu ikuti peraturan protokol kesehatan dimanapun kamu berada.

Jangan lupa untuk memberikan perlindungan ekstra untuk kamu dan orang sekitarmu yang kamu sayangi, jika tubuh kita sehat dan terlindungi maka segala sesuatu yang akan kita hadapi akan menjadi lebih mudah. 

Yuk, jadikan hari-harimu #AllisWell dan berikan perlindungan lebih untuk dirimu dengan produk WFO dari AIA Insurance, buruan dapatkan sekarang juga.

share logos