ARTIKEL

Cara Buat Asuransi Kesehatan untuk Pemula di Tahun 2024

 Baca 2 menit
Cara Buat Asuransi Kesehatan
Good morning exercise
Tentu saja, cara buat asuransi kesehatan menjadi prioritas bagi mereka yang ingin melindungi kesehatan mereka. Sebagai salah satu produk keuangan yang populer di Indonesia, asuransi kesehatan telah menjadi pilihan yang umum di masyarakat.
 
Data dari Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa dari total 262 juta penduduk Indonesia, sebanyak 208 juta telah memperoleh perlindungan dari asuransi kesehatan. Perlindungan ini tersedia baik dari lembaga swasta maupun pemerintah sehingga cara pembuatannya dapat beragam dan perlu dipahami dengan baik.

Perbedaan Asuransi Kesehatan Swasta dengan BPJS Kesehatan

Bingung memilih antara asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan? Yuk, telusuri bersama!

1. Batas limit

Bicara soal batas limit, asuransi kesehatan swasta dan BPJS Kesehatan memang berbeda. Asuransi swasta memberikan kita fleksibilitas untuk memilih batas limit sesuai kebutuhan, sementara BPJS Kesehatan menjamin semua biaya pengobatan tanpa ada batas limit.

2. Biaya premi

Premi memang jadi pertimbangan penting. Pada asuransi swasta, premi tergantung dari jenis layanan yang kita pilih. Sementara itu BPJS Kesehatan, besaran premi dibedakan ke dalam kelas-kelas yang disesuaikan dengan penghasilan. Jadi, semua orang bisa mendapatkan perlindungan kesehatan sesuai dengan kemampuan finansialnya.

3. Pilihan rumah sakit

Mau berobat di rumah sakit favorit? Jika menggunakan asuransi kesehatan swasta, kita bisa memilih rumah sakit mana saja sesuai keinginan kita! Namun, jika menggunakan BPJS Kesehatan, kita hanya bisa berobat di rumah sakit rekanan.

4. Manfaat kesehatan

BPJS Kesehatan biasanya menawarkan layanan dasar, seperti rawat jalan, rawat inap, dan operasi. Berbeda dengan asuransi kesehatan swasta, manfaatnya bisa lebih variatif, termasuk layanan tambahan, seperti ambulans dan obat-obatan. 

5. Layanan

Cara mengakses layanan kedua asuransi ini ternyata berbeda. Ketika menggunakan BPJS Kesehatan, kita perlu melalui beberapa tahapan sebelum bisa mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit. Sementara itu, saat menggunakan asuransi kesehatan swasta, kita bisa langsung mendapatkan layanan sesuai dengan jenis asuransi yang kita pilih. 

6. Proses klaim

Klaim juga jadi poin penting! Saat ingin meng-klaim BPJS Kesehatan, ada banyak tahapan dan proses yang harus dilalui sehingga membutuhkan waktu yang cukup panjang. Sementara itu, proses klaim asuransi kesehatan swasta biasanya lebih cepat dan mudah. Jadi, kita bisa lebih tenang dan fokus pada pemulihan.

7. Syarat dan ketentuan

Penting juga nih buat tahu syarat dan ketentuan pembuatan kedua asuransi ini. BPJS Kesehatan wajib bagi sebagian kalangan, sementara asuransi kesehatan swasta biasanya memerlukan medical check up dan evaluasi khusus. Jadi, pastikan kita memilih yang sesuai dengan kebutuhan kita ya!

8. Cakupan rekanan

Terakhir, cakupan rekanan juga perlu diperhatikan. BPJS Kesehatan biasanya memiliki cakupan rekanan yang terbatas pada layanan kesehatan milik pemerintah dan beberapa rumah sakit swasta. Sementara itu, cakupan asuransi kesehatan swasta lebih luas, bahkan sampai ke luar negeri. 

Jenis-Jenis Asuransi Kesehatan

Di Indonesia, ketika berbicara tentang perlindungan kesehatan, kita memiliki beberapa opsi asuransi yang bisa dipilih. Tak perlu bingung, kita akan kupas satu per satu untuk memudahkan pemahaman.

1. Berdasarkan jenis perawatan

a. Rawat inap
Asuransi kesehatan ini akan menanggung biaya rumah sakit ketika kita harus dirawat inap.
b. Rawat jalan
Pada jenis ini, kita tetap bisa mendapatkan layanan medis tanpa harus menginap di rumah sakit. Mulai dari konsultasi dokter, tes laboratorium, hingga pembelian obat, semuanya bisa di-cover.

2. Berdasarkan badan penyelenggara

a. Pemerintah
BPJS Kesehatan merupakan asuransi kesehatan yang dikelola oleh pemerintah dan memberikan jaminan kesehatan kepada seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali.
b. Swasta
Asuransi kesehatan yang dikelola oleh suatu badan swasta.

3. Berdasarkan pihak tertanggung

a. Personal
Jika kita hanya ingin melindungi diri sendiri, asuransi kesehatan personal adalah pilihan yang tepat. Manfaatnya diperuntukkan bagi satu individu saja.
b. Kolektif atau kelompok
Bagi yang ingin melindungi keluarga atau karyawan perusahaan, ada asuransi kesehatan kolektif. Perlindungan kesehatan akan diperoleh oleh sekelompok individu, membuat mereka lebih tenang dalam menghadapi risiko kesehatan.

Cara Buat Asuransi Kesehatan di Tahun 2024

Membuat asuransi kesehatan pada tahun 2024 dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan kita dan keluarga. Berikut adalah langkah-langkah membuat asuransi.

1. Memilih produk asuransi yang sesuai

Pertama-tama, tentukan jenis perlindungan kesehatan yang kita butuhkan. Teliti berbagai produk asuransi kesehatan yang tersedia di pasar, termasuk manfaat, premi, dan ketentuan polisnya. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan dan kemampuan finansial kita.

2. Konsultasi dengan agen asuransi

Setelah memilih produk yang diinginkan, konsultasikan dengan agen asuransi untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut tentang polis yang kita pilih. Mintalah agen untuk menjelaskan dengan detail manfaat, cakupan, dan prosedur klaim yang terkait dengan produk tersebut.

3. Mengisi formulir aplikasi

Isi formulir aplikasi asuransi dengan lengkap dan benar. Pastikan untuk memberikan informasi yang akurat mengenai kondisi kesehatan kita dan riwayat medis jika diminta. Hal ini penting untuk menghindari masalah klaim di masa depan.

4. Memilih jangka waktu dan premi

Tentukan jangka waktu dan besaran premi yang sesuai dengan kemampuan keuangan.

5. Membayar premi

Lakukan pembayaran premi asuransi sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh penyedia asuransi. Pastikan untuk membayar premi tepat waktu supaya premi nya tetap aktif.

Tips Menghindari Penipuan Asuransi

1. Cari tahu informasi produk

Selalu teliti informasi produk asuransi sebelum membuat keputusan. Pastikan untuk memahami cakupan perlindungan, premi, dan syarat-syarat klaim dengan baik.

2. Periksa reputasi perusahaan

Lakukan penelitian tentang reputasi dan keandalan perusahaan asuransi sebelum membuat keputusan. Pilihlah perusahaan yang terpercaya dan telah terdaftar secara resmi oleh otoritas yang berwenang.

3. Waspadai tawaran terlalu bagus

Berhati-hatilah terhadap tawaran asuransi yang too good to be true. Jika penawaran terdengar terlalu fantastis atau tidak masuk akal, ada kemungkinan itu adalah upaya penipuan.

4. Periksa dokumen dengan teliti

Sebelum menandatangani kontrak atau polis asuransi, pastikan untuk membaca dengan cermat semua dokumen yang diberikan. Jangan ragu untuk bertanya jika ada hal yang kurang jelas atau mencurigakan.

5. Jangan terpengaruh tekanan jualan

Hindari membuat keputusan terburu-buru. Ambil waktu untuk mempertimbangkan pilihan secara matang sebelum melakukan pembelian.

6. Berhati-hati dengan penawaran online

Jika kita melakukan pembelian melalui platform online, pastikan untuk memeriksa keabsahan situs web dan sertifikasi keamanannya sebelum mengungkapkan informasi pribadi atau melakukan pembayaran.
 
Dengan mengikuti langkah-langkah ini dan menerapkan tips-tips untuk menghindari penipuan asuransi, kita dapat membuat keputusan yang cerdas dan memastikan perlindungan kesehatan yang optimal bagi diri kita dan keluarga.
 
Itu dia beberapa cara buat asuransi kesehatan untuk pemula di tahun 2024. Memang cukup panjang, tetapi hal ini dilakukan agar calon nasabah memahami manfaat apa saja yang akan didapatkan nanti sehingga tidak merasa dirugikan.
 
AIA Health X hadir untuk menjawab kebutuhan kita sebagai pemula yang ingin memiliki asuransi kesehatan. Cari tahu lebih lanjut AIA Health X sekarang!
Referensi:
BPS.go.id. Jumlah Penduduk Yang Dicakup Asuransi Kesehatan Atau Sistem Kesehatan Masyarakat per 1000 Penduduk, 2017-2018

Anda mungkin juga tertarik dengan