ARTIKEL

Biaya Rumah Sakit Makin Horor! Siapkan Diri dari Sekarang

 Baca 2 menit
Financial Wellness Biaya Rumah Sakit Investasi Terbaik
Good morning exercise
Peningkatan biaya medis terjadi di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Cara untuk menghadapinya adalah menjalankan pola hidup sehat, mengelola keuangan dengan baik, dan memiliki produk asuransi kesehatan. 
 
Makin tahun, biaya berobat di rumah sakit makin mengalami kenaikan. MMB Health Trend 2023 mencatat adanya peningkatan biaya kesehatan di Indonesia sebesar 13,6 persen setelah pandemi COVID-19 silam. Melansir dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI), inflasi biaya kesehatan di Indonesia ini lebih tinggi dibanding rata-rata peningkatan di Asia yang hanya sebesar 11 persen.
 
Jadi, tidak heran jika biaya pelayanan kesehatan dan pengobatan pun ikut naik dari waktu ke waktu. Ada banyak faktor yang memengaruhi terjadinya inflasi medis, mulai dari riset kesehatan yang tinggi hingga biaya obat-obatan yang juga relatif mahal. Sangat penting untuk kembali melihat kemampuan finansial kita untuk menghadapi biaya-biaya pengobatan yang tidak terduga ini.
 
Mengalokasikan sebagian dana untuk memiliki produk perlindungan kesehatan mungkin jadi salah satu langkah bijaksana yang bisa dilakukan. Produk asuransi kesehatan pada umumnya bisa menanggung biaya pengobatan seperti rawat jalan dan rawat inap saat jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit. 

Biaya Memiliki Perlindungan Asuransi Kesehatan

Sebenarnya tidak ada standar pasti yang bisa menentukan biaya yang dibutuhkan saat membeli produk asuransi kesehatan. Namun, memilikinya lebih dini tentunya akan memberikan kita keuntungan dan manfaat yang lebih besar. Berikut faktor yang bisa mempengaruhi biaya premi asuransi kesehatan.
 
  • Pekerjaan yang dijalani dan risiko yang dimiliki dari pekerjaan tersebut
  • Nilai proteksi yang diinginkan karena biaya akan makin besar dengan manfaat yang lebih banyak
  • Usia dari nasabah yang tertanggung
  • Jumlah anggota yang tertanggung dalam polis asuransi
  • Riwayat kesehatan dari tertanggung
  • Metode pembayaran yang dilakukan, baik itu bulanan atau tahunan

Faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Memilih Asuransi Kesehatan

Tidak jarang kita kebingungan saat akan memiliki asuransi kesehatan. Hal yang perlu dilihat adalah tentu saja manfaat yang diberikan dari asuransi tersebut. Berikut faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih asuransi kesehatan.

1.  Limit per tahun tinggi

Melihat besaran limit per tahun yang akan ditanggung asuransi ketika mendapatkan perawatan medis merupakan langkah pertama yang bisa dilakukan. Pada umumnya, asuransi kesehatan dengan manfaat rawat inap akan menanggung biaya perawatan di rumah sakit, seperti biaya kamar, laboratorium, jasa konsultasi dokter, pembedahan, serta berbagai macam biaya lainnya. Selain itu, terdapat juga manfaat rawat jalan yang akan menanggung biaya pemeriksaan kesehatan yang tidak butuh rawat inap di rumah sakit.

2. Menjamin kenyamanan selama perawatan

Kenyamanan selama menjalani perawatan di rumah sakit sangat krusial untuk proses penyembuhan. Oleh karena itu, pastikan asuransi kesehatan menawarkan fasilitas bagus dan memadai supaya nyaman dan tenang selama perawatan. 

3. Cangkupan rumah sakit yang luas

Kita tidak tahu kapan risiko penyakit itu akan datang. Saat datang, kita harus bisa mendapatkan prosedur kesehatan yang tepat di mana pun. Karena itu, perlu melihat cangkupan rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan perusahaan asuransi. Lebih baik lagi jika jaringan rumah sakitnya sudah menjangkau hingga banyak negara. Hal ini akan menurunkan kekhawatiran saat terjadi risiko di mana pun kapan pun.
 
Asuransi AIA Premier Hospital & Surgical Extra menawarkan segala kelebihan yang bisa jadi bahan pertimbangan saat memilih produk asuransi kesehatan. Produk asuransi ini memiliki jaringan rumah sakit yang luas di banyak rumah sakit di Indonesia, Asia, hingga seluruh dunia yang ditentukan berdasarkan Plan yang dipilih. Selain itu, AIA Premier Hospital & Surgical Extra menjamin kenyamanan dan privasi dengan fasilitas 1 kamar serta 1 kamar mandi di dalamnya. Nilai proteksinya juga tinggi dengan limit per tahun mulai dari Rp4 M. AIA Premier Hospital & Surgical Extra juga dilengkapi dengan layanan diagnosis ulang dari ahli medis mancanegara oleh Medix, serta layanan telekonsultasi online sebanyak 12x per tahun dari Halodoc untuk memastikan Anda dan keluarga tetap terlindungi.
 
Mulailah mempersiapkan diri dengan memiliki proteksi kesehatan sejak dini untuk membantu pengelolaan keuangan yang lebih matang. Dapatkan juga hidup #ExtraTenang dengan asuransi tambahan AIA Premier Hospital & Surgical Extra. Untuk informasi lebih lanjut, cek informasinya di sini
REFERENSI
 
Investopedia. Why Do Healthcare Costs Keep Rising? [Diakses pada 22 Januari 2024]
AAJI. Inflasi Medis di Indonesia. [Diakses pada 22 Januari 2024]

Anda mungkin juga tertarik dengan