Artikel kesehatan

Publication Article
false
Article Image
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/image-detail-article-7.jpg
Publish Date
2022-06-24 15:06
tags
aia-id-bds:eat-well
article title
Liburan sebagai bentuk self rewards
Description

Liburan di masa pandemi, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu persiapkan agar kamu tetap bisa berlibur dengan aman dan nyaman.

article description detail

Liburan sebagai bentuk self rewards, sebelum kamu membuat rencana liburan, kamu harus membuat perencanaan yang matang seperti merencanakan akan berlibur kemana, kota atau negara mana yang akan kamu kunjungi, dengan siapa kamu akan berlibur, dengan teman, keluarga, pasangan atau solo traveling. Menyiapkan budget untuk akomodasi, memikirkan akan menginap dimana, destinasi mana yang akan kamu kunjungi. Jika kamu merencanakan berlibur keluar negeri kamu harus mempersiapkan visa, dan lihat masa aktif passport mu terlebih dahulu. 

Di masa pandemi seperti saat ini, kesehatan adalah salah satu hal yang perlu kamu utamakan sebelum kamu memutuskan untuk pergi berlibur. Pastikan kamu dalam kondisi sehat, sudah divaksin dan tidak ada kontak dengan pasien positif Covid-19. 

Bolehkah mengapresiasi diri dengan berlibur?

Setelah 2 tahun berkutat dengan pandemi Covid-19, hampir seluruh negara menerapkan lockdown, area perkantoran pun mulai menerapkan WFH (Work From Home), sekolah-sekolah pun mulai ikut menerapkan belajar online. Dalam waktu 2 tahun lebih kita semua dihantui oleh rasa takut dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Pemberitaan kasus Covid yang semakin meningkat setiap harinya membuat kita tidak bisa bebas menjalani hari-hari seperti sebelumnya. Berbagai destinasi wisata ditutup, tempat-tempat makan seperti restoran dan cafe juga ikut ditutup, membuat kita hanya bisa menghabiskan waktu dirumah saja.

Namun saat ini pemberitaan kasus pasien Covid-19 mulai menurun seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai melonggarkan aturan PPKM dengan memperbolehkan area perkantoran untuk bisa kembali WFO (Work From Office) dengan kapasitas sesuai status wilayah PPKM, yakni daerah dengan status PPKM Level 1 dengan kapasitas sebanyak 100%, sedangkan daerah dengan status PPKM Level 2 sebanyak 75% dengan syarat harus sudah divaksin. tempat-tempat wisata, restoran, cafe, mall dan sekolah pun kini sudah mulai dibuka dan sudah boleh sekolah tatap muka kembali.

Tentu saja pilihan berlibur untuk self rewards diperbolehkan untuk melepas penat selama berdiam diri di rumah saja. akan tetapi sebelum berlibur banyak yang harus kamu perhatikan agar liburanmu tetap aman dan nyaman seperti memperhitungkan budget misalnya. 

Pilih destinasi liburan yang tidak terlalu mahal biaya akomodasinya, seperti mencari paket promo liburan murah yang sudah satu paket dengan tiket pulang pergi, termasuk penginapan dan makan. Sehingga kamu bisa tetap berlibur dengan aman dan nyaman tanpa takut pengeluaran mu membengkak.

Ada baiknya memperhatikan pengeluaran kamu sebelum berangkat liburan

 1. Budget tidak kurang dan tidak lebih.

Usahakan untuk tetap membuat kontrol pada saat ingin mengeluarkan uang, catat estimasi keuangan yang akan kamu gunakan agar pengeluaran tidak membengkak.

2. Tidak adanya kebutuhan yang kamu lewatkan    

Siapkan serinci mungkin keperluan apa saja yang nantinya akan kamu bawa berlibur, dari mulai pembelian tiket untuk pulang dan pergi, snack untuk kamu selama di perjalanan, obat-obatan untuk persiapan keadaan darurat, pastikan sudah membooking penginapan jauh sebelum hari keberangkatan liburan mu.

3. Mengontrol keuangan mu.

Buatlah daftar pengeluaran mu lalu checklist di bagian barang yang sudah dibeli. hal kecil seperti ini sangat diperlukan agar keuanganmu terkontrol dan kamu bisa lebih menghemat.

Atasi rasa bosan pada saat perjalanan, dengan mendengarkan lagu favorit mu.

Perjalanan jauh terkadang jadi membosankan apabila tidak ada teman untuk berbincang, atau untuk sekedar bersenda gurau. Biasanya lagu favorit  menjadi pilihan terbaik untuk menemani perjalanan liburanmu.

Tak hanya menyenangkan, ternyata mendengarkan musik banyak manfaatnya bagi kesehatan juga lho!

Mendengarkan musik selama di perjalanan tidak hanya menyenangkan akan tetapi mendengarkan musik juga ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan kita sebagai berikut :

1. Meningkatkan suasana hati

Dengan mendengarkan musik ternyata berpengaruh bagi mood dan suasana hati kita, maka dari itu tak jarang musik digunakan sebagai alat untuk terapi relaksasi.

2. Mengatasi gangguan tidur

Buat para penderita insomnia ternyata musik juga bisa membantumu agar bisa cepat tertidur lho! Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mendengarkan musik sebelum tidur memiliki kualitas tidur yang lebih baik daripada yang tidak mendengarkan musik. Musik dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks, sehingga memudahkan Anda untuk terlelap.

3. Mencegah kejang pada penderita epilepsi

Ternyata, pada saat penderita epilepsi mendengarkan musik, musik juga dapat membantu meredakan frekuensi terjadinya kejang.

4. Membantu pemulihan pasca operasi

Dengan mendengarkan musik kesukaanmu, dapat membuat pikiran jadi lebih rileks dan dapat membantu meredakan rasa nyeri pasca operasi.

5. Membantu pemulihan stroke

Stroke merupakan penyakit yang dapat menyebabkan kelumpuhan, bahkan kematian. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa musik dapat membawa dampak positif bagi proses pemulihan stroke.

6. Mengatasi stres

Mendengarkan musik dipercaya dapat membantumu untuk mengatasi stres, contohnya setelah pulang dari kantor tubuh lelah banyak pikiran, dan mood tidak bagus membuat kamu stres, namun dengan mendengarkan musik membantumu menghilangkan stres.

Jadi, kalau kamu tipe yang seperti apa nih? Yang suka mendengarkan musik di sepanjang perjalanan, atau yang memilih untuk tidur saja? Semua kembali pada pilihan kita masing-masing ya tentunya. Selama hal tersebut positif dan membuat perjalanan kita jadi lebih nyaman dan menyenangkan kenapa tidak? Karena mood dan suasana hati yang baik sangat berpengaruh dengan suasana lingkungan tempat dimana kamu berada juga lho!

Memilih untuk berlibur memang sudah pasti harus menjaga kesehatan agar perjalanan liburanmu jadi lebih aman, dan orang sekitar yang berada di dekatmu juga tidak khawatir. 

Yuk, berikan proteksi lebih untuk dirimu dengan mengonsumsi makanan sehat, tidur yang cukup, dan double proteksi dengan asuransi AIA yang akan membuat perjalananmu ke berbagai destinasi menjadi lebih nyaman. #AllisWell beli dan dapatkan produk All Is Well dari AIA Insurance dengan paket spesial WFA hanya dengan 1 Rupiah, kamu sudah bisa jalan-jalan dengan aman dan bebas dari rasa worry, buruan klik sekarang! Untuk perjalanan aman dengan proteksi terbaik dari AIA Insurance.

share logos
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/share-facebook-logo.png
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/share-instagram-logo.png
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/share-youtube-logo.png