work-life-balance

Publication Article
true
Article Image
/content/dam/id/gojek/bds/alliswell/images/Article 5-1.jpg
Publish Date
2022-11-25 13:09
tags
aia-id-bds:plan-well
article title
Kerja dan Kehidupan Seimbang Bikin Kamu Lebih Bahagia
Description

Hidup memang butuh uang, akan tetapi kamu juga punya kehidupan yang harus berjalan seimbang dengan pekerjaanmu.

article description detail

Saat ini istilah Work Life Balance sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita, banyak para pekerja yang mulai menerapkan hal ini di dalam kehidupan sehari-harinya. Menyeimbangkan antara kehidupan sehari-hari dan pekerjaan kantor membuat pikiran lebih tenang dan lebih fokus.

“Work life balance itu sendiri adalah fenomena baru yang timbul dari kekhawatiran karyawan tentang tuntutan yang diharapkan dari pekerjaan mereka” (Guest, 2002). Peningkatan ini dirasakan pada tuntutan akan perubahan di lingkungan kerja, dalam hidup dan sikap individu. Kekhawatiran ini dimulai saat wanita bergabung dalam angkatan kerja. Ketika perempuan terlibat dalam pekerjaan formal, mereka harus menyeimbangkan tanggung jawab pekerjaan dan kehidupan keluarga. Namun, konsep ini tidak lagi terbatas pada perempuan. Hal ini dikarenakan karena pria tidak hanya mencari nafkah, namun juga memegang peranan penting dalam membesarkan anak.

Work life balance merupakan aspek penting dari lingkungan kerja yang sehat. Menjaga keseimbangan kehidupan kerja dapat membantu mengurangi stres dan mencegah kelelahan di tempat kerja karena stres adalah masalah paling umum di tempat kerja. Stres dapat menyebabkan konsekuensi fisik seperti hipertensi, masalah pencernaan, sakit kronis dan nyeri, serta masalah jantung. Stres kronis juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental karena terkait dengan risiko depresi, kecemasan, dan insomnia yang lebih tinggi bahkan burnout. Namun dengan menyeimbangkan pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari maka kamu akan merasakan beberapa manfaat berikut.

1. Meningkatkan performa

2. Terhindar dari penyakit

3. Mengurangi jenuh

4. Lebih fokus bekerja

5. Lebih bahagia

Berikut tips untuk tetap seimbang antara pekerjaan dan kehidupan sehari-hari yang mungkin bisa kamu coba

1. Teratur beraktivitas demi work life balance

Cara pertama agar kehidupan pribadi dan pekerjaan kamu seimbang adalah menjaganya tetap teratur. Kamu bisa membuat jadwal untuk membedakan aktivitas pribadi dan pekerjaan agar tidak mengganggu satu sama lain. Dengan membuat jadwal dan menjalankannya secara teratur, maka nantinya kehidupan work life balance akan kamu rasakan. 

2. Memprioritaskan kesehatan

Kesehatan secara keseluruhan harus menjadi perhatian utama. Memprioritaskan kesehatan terlebih dahulu akan membuatmu menjadi karyawan dan orang yang lebih baik. Dengan tubuh yang sehat, tentu kamu dapat melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Selain itu, kamu tidak perlu merepotkan keluarga atau orang lain saat mereka mengurus ketika jatuh sakit. Jagalah kesehatan dengan berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Dengan begitu, kamu akan hidup bahagia. Bahkan olahraga sebelum berangkat kerja bisa meningkatkan produktivitas dan konsentrasi, lho.

3. Berlibur

Apabila kamu sedang berlibur, ada baiknya jika kamu memutuskan segala hal yang berbau dengan pekerjaan. Terlebih jika sifatnya tidak terlalu mendesak. Liburan akan menjauhkanmu dari stres dan membuatmu tetap cermat mengatur kehidupan pribadi dan pekerjaan . Namun jangan lupa untuk membuat perencanaan budget untuk berlibur agar tidak terjadinya pengeluaran yang membekak  karena tidak dipersiapkan secara matang.

4. Jangan tunda pekerjaan

Kebanyakan karyawan memiliki kebiasaan kurang baik, yaitu menunda pekerjaan. Kebiasaan menunda pekerjaan akan membuat kita kehilangan waktu untuk mengerjakan hal lain. Menumpuk pekerjaan selama beberapa hari akan membuat konsentrasi kita buyar akibat banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan. Jadi, segera selesaikan pekerjaan secepat dan sebaik mungkin jangan sampai ditunda, ya.

5. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

Sesekali kamu harus meluangkan waktu untuk diri sendiri. Misalnya, dengan memprioritaskan kegiatan atau hobi yang membuat kamu bahagia. Kamu harus fokus pada diri sendiri dan dengan orang yang dicintai. Jangan karena terlalu sibuk bekerja, kamu jadi mengabaikan kehidupan pribadi. Luangkanlah waktu untuk memanjakan tubuh dengan pijat atau spa, berjalan-jalan di taman dengan orang terkasih, ataupun kegiatan yang bisa membuat kamu bahagia.

Tidak dapat dipungkiri memang kita semua membutuhkan uang dan pekerjaan untuk dapat menyambung hidup dan menata masa depan yang cerah, akan tetapi jangan lupakan bahwa kamu juga manusia biasa yang membutuhkan kehidupan selain bekerja. Maka dari itu menjaga keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari itu tentu sangat diperlukan. Selain itu pekerjaan dan aktivitas sehari-harimu bisa berjalan lancar apabila kamu memiliki tubuh yang sehat serta terlindungi. Maka dari itu jangan lupa juga untuk memberikan ekstra proteksi pada dirimu bersama produk Asuransi AIA Future Protection dengan paket WFA yang terdapat pada platform All Is Well (alliswell.aia.id) baik pada website maupun mobile. Asuransi online yang #TanpaRibetSatSet harganya affordable, cukup 1 Rupiah bisa melindungimu hingga 15 juta. Prosesnya cepat kurang dari 5 menit aja kamu sudah bisa terlindungi secara maksimal. Daftar sekarang!

share logos